Kertas A2: Ukuran dan Macam – Macamnya

Kertas memiliki ukuran dan seri yang bermacam-macam sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Salah satunya ialah kertas A2. Kertas dengan seri A ini memiliki ukuran yang telah disesuaikan standar ISO, sebuah organisasi internasional yang menaungi standarisasi.  Seperti apa ukuran dan kegunaannya, simak ulasan berikut selngkapnya.

Ukuran Kertas A2

Ukuran Kertas A2

Secara umum, kertas A2 kerap digunakan di perkantoran dan bidang penebitan atau percetakan. Ukurannya sendiriberdasarkandari aspek tunggal, atau dengan kira-kira ukuran 1:1,41 dan menggunakan dasar kertas A0 yangmempunyai ukuran 841x1189mm atau setara 1 . Angka yang berada di belakang huruf bermaknajikaukurannya bernilai setengahnya ukuran angka tersebut.

Menurut standar ISO ukuran dari kertas A2 adalah 420 x 594 mm atau 42,0 x 59,4 cm atau 16,54 x 23,39 inci. Ukuran kertas dengan Seri A, menunjukkan representasi visual dari berbagai ukuran yang saling berhubungan antara ukuran satu dengan yang lain.Misalnya, ukuran pada kertas A2 juga 1/4 dari ukuran kertas A0. Atau ukuran dari kertas A1 dua kali ukuran kertas A2 dan sebagainya.

Bisa dikatakan juga,jika ukuran dari kertas A2 sama dengan 4 kali ukuran kertas A4. Salah satu jenis kertas yang cukup familiar dan paling sering dipakai dalam kegiatan ketik-mengetik, fotocopy maupun untuk printing buku.

Macam-Macam Kertas A2

Kertas dengan ukuran A2 ini memiliki banyak macam dan beredar luas di pasaran, berikut diantaranya.

1. Kertas Ivory

Kertas Ivory

Jenis kertas A2 yang cukup sering digunakan ialah kertas Ivory. Kertas ini merupakan kertas A2 dengan dimensi yang cukup tebal. Umumnya jenis kertas ini kerap digunakan sebagai paper bag atau dus.

Kertas yang satu ini memiliki ciri khas dengan salah satu sisinya yang cukup licin mengkilap namun tanpa coating. Kertas A2 jenis ivory ini kerap digunakan untuk industri sebagai wadah atau kemasan produk karena cukup tebal dan kuat.

2. Kertas Dupleks

Kertas Dupleks

Kertas dengan ukuran A2 selanjutnya ialah kertas Dupleks. Secara umum kertas dupleks juga memiliki dimensi yang cukup tebal dan juga kuat. Karena kekuatannya kertas jenis Dupleks kerap digunakan sebagai kerajinan tangan pembungkus kado. Jika Anda membeli kertas dupleks yang memiliki ukuran kertas A2, tentunya Anda harus memiliki space lebih untuk penyimpanan. Pasalnyakarena ketebalannya, membuat kertas yang satu ini cukup sulit untuk dilipat.

3. HVS

Kertas HVS

Jika berbicara soal  kertas HVS tentu tak asing langi, pasalnya jenis kertas yang satu ini cukup populer. Kertas HVS merupakan kertas yang multi fungsi. Pasalnya bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Dari mulai menulis, fotokopi, printing dan lain sebagainya. Bahkan para desainer jugakerap menggunakan kertas HVS berukuran A2 dalam pembuatan rancangan pola desain. Sebab, jenis kertas HVS memiliki bentuk yang cukup ringan dengan harga yangrelatif murah. Sehingga, membuatnya lebih disukai karena lebih praktis. Apalagi, stok dari kertas jenis HVS ini cukup mudah ditemukan karena banyak tersedia di berbagai tokoalat tulis kantor.

4. Kertas Kalkir

Kertas Kalkir

Jenis kertas dengan ukuran A2 yang selanjutnya ialah kertas kalkir. Kertas yang satu ini merupakan kertas transparan dengan salah satu sisinya mengkilap. Kertas Kalkir cukup sering dipakai untuk printing gambar maupun gambar sablon.

Demikian tadi informasi menarik tentang kertas A2 dan ukuran serta beberapa contohnya. Semoga bisa menambah wawasan Anda tentang jenis dan juga macam-macam kertas A2. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply