Olahraga Futsal Primadona dari Brasil

Futsal merupakan olahraga bola sepak yang terdiri dari dua tim. Berbeda dengan sepak bola yang dimainkan oleh 11 orang. Futsal setiap tim nya beranggotakan 5 orang. Para pemain harus mencetak skor dengan memasukkan bola ke gawang lawan. Selama berjalannya pertandingan boleh menggunakan semua bagian tubuh seperti kaki atau kepala. Namun sangat dilarang menggunakan tangan. Olahraga futsal dilakukan di ruangan tertutup dengan ukuran lapangan yang lebih kecil dibanding sepak bola. Batas lapangan futsal dihalangi oleh net dan bukan dengan garis lantaran merupakan permainan indoor.

Futsal Dalam Bahasa Spanyol

Futsal, futbol berarti sepak bola dan sala yang berarti ruangan. Futbol dan sala adalah bahasa Spanyol yang jika digabungkan berarti sepakbola dalam ruangan yang populer disebut dengan futsal. Olahraga satu ini pertama kali diperkenalkan di Uruguay tepatnya di wilayah Montevideo pada tahun 1930.

Kala itu pelatih sepak bola asal Argentina bernama Juan Carlos Ceriani memperkenalkan olahraga futsal pada masyarakat Brasil. Juan mengangkat permainan bola jalanan Brasil ke dalam ruangan olahraga. Berkat teknik permainan yang indah masyarakat Amerika Selatan, khusus nya Brasil memberi perhatian pada olahraga futsal.

Futsal Berkembang Pesat di Brasil

Futsal Berkembang Pesat di Brasil

Futsal berada di bawah naungan Fédération Internationale de Football Association. Hingga saat ini negara Brasil adalah pusat dari perkembangan olahraga futsal. Banyak pemain besar sepak bola dunia tercatat mengawali karirnya sebagai pemain futsal profesional. Seperti contoh bintang besar dari Brasil bernama Pele.

Walaupun besar di Brasil, olahraga futsal juga diklaim berasal dari negara Kanada. Pernyataan tersebut masih dicari bukti kebenarannya. Sejak tahun 1936 futsal sangat berkembang di negara Brasil. Agar tidak menimbulkan konflik yang dirasa tidak perlu, maka dibuatlah peraturan dan kesepakatan yang justru membuat futsal semakin disukai masyarakat Amerika Latin.

Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran Lapangan Futsal

Kendati bermain di dalam ruangan, futsal tetap memiliki standar aturan tertulis mengenai ukuran dan tanda pada lapangan. Berikut adalah sederet peraturan yang harus dipenuhi untuk membuat lapangan futsal.

  • Bentuk dari lapangan futsal haruslah segi empat di bidang datar. Untuk membedakan mana garis batas lapangan dengan batas luar, maka warna garis pembatas harus lah berbeda dengan warna lapangan futsal. Misalkan menggunakan garis lapangan bewarna putih atau hitam. Hal tersebut juga memudahkan pemain membedakan area luar dan dalam saat fokus bermain futsal.
  • Lapangan futsal skala nasional haruslah memiliki panjang 25×42 mtr dengan lebar 15×15 mtr. Ukuran lapangan futsal skala internasional memiliki perbedaan.
  • Lapangan futsal internasional harus memiliki panjang 38×42 mtr dengan lebar 18×25 mtr.
  • Permukaan lapangan harus rata, permukaan lapangan yang halus dan tidak abrasif mencegah pemain futsal mengalami kecelakaan saat permainan berlangsung.
  • Lantai lapangan terbuat dari kayu atau parquet, tidak disarankan menggunakan bahan beton atau korn blok sebagai material lapangan futsal.
  • Satu lapangan futsal dibagi menjadi dua bagian, kedua sisi lapangan dipisahkan oleh garis yang berada ditengah lapangan. Disebut dengan garis tengah lapangan.
  • Pusat lapangan futsal ditandai dengan titik yang berada di tengah-tengah garis tengah lapangan. Pada titik pusat terdapat lingkaran berdiameter keliling 3 meter.
  • Garis batas lapangan, garis batas lapangan memiliki lebar 8cm yang dipasang pada garis samping, diletakan juga pada garis gawang dan ukuran yang sama pada garis melintang di tengah lapangan.

Peraturan untuk Tendangan Pada Futsal.

Peraturan untuk Tendangan Pada Futsal.

Pada futsal juga terdapat tendangan seperti penalti, tendangan bebas, tendangan sudut. Semua tendangan tersebut tidak bisa asal saja dilakukan. Tetap ada aturan tertulis yang menjelaskan pada jarak berapa tendangan tersebut dapat dilakukan.

  • Dari arah tiang gawang maka di ambil jarak 6 mtr, setengah lingkaran dari pusat gawang. Jarak ini adalah yang ditentukan untuk melakukan tendangan penalti yang berada di titik tengah gawang futsal.
  • Sementara pada jarak penalti kedua, pemain harus mengambil posisi dari titik tengah garis gawang sejauh 10 mtr.
  • Peraturan garis gawang diletakkan agar letak gawang futsal presisi berada di tengah lapangan. Ukuran wajib gawang yang sudah ditentukan adalah 3×2. Itu adalah ukuran wajib lebar dan tinggi gawang lapangan futsal. Baik skala nasional maupun internasional.
  • Umumnya gawang futsal teruat dari material logam seperti besi hollow. Tetapi tidak sedikit juga lapangan futsal yang menggunakan kayu sebagai material membuat gawang. Hal tersebut juga sudah tercatat dalam peraturan material gawang.
  • Wajib untuk membedakan tiang gawang dengan warna keseluruhan lapangan permainan futsal.
  • Untuk kedalaman gawang keduanya adalah 8 cm.
  • Gawang harus dilengkapi dengan net yang terikat kokoh pada seluruh tiang gawang.
  • Sementara untuk tanda untuk busur tendangan sudut haruslah 25 cm di setiap sudut lapangan futsal.

Standar Ukuran Bola Futsal

Seperti pada olahraga sepak bola lainnya. Futsal pun memiliki peraturan mengenai ukuran dan kualitas bola yang dipakai dalam pertandingan.  Bola harus berbentuk bulat dengan ukuran 4 dan berdiameter keliling minimum 62 cm dan maksimum adalah 64 cm. Material bola tidak boleh membahayakan pemain, karena itu material kulit atau kain sintetis dianggap yang terbaik. Pembuatan bola futsal menggunakan material kulit laken atau bulu dilarang. Bola yang masuk standarisasi bola futsal harus bisa memantul 55-65 cm pada pantulan pertama. Berat bolapun ditentukan tidak boleh lebih dari 440 gr dan tidak kurang dari 400 gr. Memiliki tekanan sama yaitu berkisar 0,4 hingga 0,6  atmosfir.

Jumlah Pemain Futsal dan Peranannya

Pemain utama futsal yang kita semua ketahui adalah 5 orang pemain total 6 pemain ditambah penjaga gawang. Dalam setiap pertandingan, masing-masing tim berhak membawa cadangan sebanyak 7 orang pemain paling banyak. Pada saat pertandingan berlangsung, pelatih berhak melakukan bongkar pasang pemain karena tidak ada batasannya. Pemain yang sebelumnya sudah diganti masih diperbolehkan untuk masuk kembali dalam pertandingan. Uniknya pergantian pemain bisa dilakukan kapan saja selama durasi pertandingan belangsung, seperti saat bola keluar dari lapangan.

Pergantian pemain terhitung sah bila proses pergantian pemain futsal salah satu tim dilakukan pada wilayahnya sendiri. Pergantian boleh dilakukan bila satu pemain sudah berada di garis luar lapangan pertandingan futsal.

Jalannya pertandingan futsal membutuhkan wasit yang memimpin. Wasit berkewajiban menegakkan peraturan pada pertandingan futsal. Wasit berhak mengeluarkan kartu peringatan hingga kartu merah untuk mengeluarkan pemain dari pertandingan futsal.

Durasi Pertandingan Futsal

Durasi Pertandingan Futsal

Dalam sekali pertandingan futsal adalah berdurasi 40 menit yang dibagi menjadi 2 kali babak pertandingan. Perpanjangan waktu bisa diberikan apabila kedua tim bermain imbang, waktu perpanjangan yang bisa diberikan total 10 menit maksimal. Pada pertandingan futsal, pelatih berhak mengajukan time-out selama 1 menit disetiap babak pertandingan. Dengan catatan tim tersebutlah yang sedang menguasai bola. Saat watu time-out, tidak boleh satupun pemain keluar dari lapangan futsal. Istirahat akan diberikan diantara waktu break babak pertama menuju babak kedua. Durasi waktu istirahat maksimal adalah 10 menit.

Demikian informasi seputar olahraga futsal, semoga menjawab pertanyaan pembaca.

Leave a Reply