Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Administrasi adalah suatu usaha mengatur seluruh atau sebagian kegiatan bisnis dalam melaksanakan peraturan dan kebijakan yang berlaku untuk sampai pada tujuan . Tanggung jawab pelaku administrasi beragam karena berhubungan langsung dengan kegiatan dalam badan usaha yang berhubungan dalam penyelesaian infrastruktur. Usaha yang dilakukan adalah membantu memberi laporan agar lebih sederhana dan cepat dipelajari, sehingga mempercepat penyelesaian pada prosedur selanjutnya.

Kewajiban dalam Administrasi

Kewajiban dalam Administrasi

Kegiatan admimistrasi bukanlah satu hal saja melainkan ada serangkaian kewajiban yang harus dilakukan. Rangkaian kegiatan administrasi yang dimaksud diantaranya. Berhubungan dengan surat menyurat perusahaan, yang berarti melakukan kegiatan pembuatan hingga penyimpanan surat-surat tersebut. Mengerjakan laporan keuangan ringan yang berhubungan dengan kewajibannya. Membuat penduplikasian serta catatan dalam pembukuan ringan. Tidak jarang administrasi juga melakukan apa yang sekretaris kerjakan. Seperti menerima tamu serta membuatkan janji perusahaan. Pada prakteknya kegiatan administrasi sangat luas dan bersifat fleksibel.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli
  • William Leffingwell dan Edwin Robinson, Administrasi adalah cabang dari manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan kantor yang efisien, kapan dan di mana pekerjaan itu harus dilakukan.
  • Ulbert, Administrasi dalam arti sempit didefinisikan sebagai persiapan sistematis dan pencatatan data dan informasi baik secara internal maupun eksternal untuk tujuan memberikan informasi dan membuatnya lebih mudah untuk memulihkan sebagian atau seluruhnya. Sebuah pemahaman sempit administrasi lebih dikenal sebagai Administrasi.
  • Soewarno Handayaningrat (1988:2), Administrasi secara sempit berasal dari kata Administratie dalam bahasa Belanda berarti meliputi kegiatan cata-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.
  • Ordway Tead (1953), Administrasi adalah usaha yang luas mencakup segala bidang untuk memimpin, mengusahakan, mengatur kegiatan kerjasama manusia yang ditujukan pada tujuan-tujuan dan maksud-maksud tertentu.

Kesimpulan Pengertian Administrasi

Kesimpulan Pengertian Administrasi

Secara luas administrasi berarti membentuk rangkaian pekerjaan yang dilakukan sendiri maupun bersama untuk mencapai tujuan tertentu yang telah disepakati diawal. Penerapannya administrasi bisa berupa badan usaha swasta maupun pemerintahan. Setiap kegiatan administrasi memiliki tingkat rasionalitas yang tinggi. Dalam prakteknya aktivitas administrasi haruslah bersifat kooperatif berhubungan sub bidang satu dengan sub bidang yang lain. Hasil pekerjaan yang diselesaikan secara administrasi memiliki kemungkinan menjadi bahan acuan dasar membuat kebijakan dan termasuk rumusan kegiatan usaha. Untuk dapat disebut dengan administrasi, maka harus memenuhi kelengkapan unsur sebagai berikut:

  • Terdapat individu atau kelompok yang menjadi sumber daya manusia, untuk mengerjakan serangkaian kegiatan administrasi.
  • Terjalin proses kerja sama didalam kegiatan administrasi yang sedang atau akan berlangsung.
  • Kegiatan untuk memproses satu atau serangkaian usaha yang berhubungan dengan kredibilitas perusahaan. Kegiatan tersebut haruslah menyederhanakan dan membuat hasilnya lebih efisien dan langsung dipahami.
  • Memberikan pengawasan dan mengkontrol kegiatan usaha dalam tahapan atau tingkatan tertentu pada perusahaan.
  • Memiliki tujuan dari dikerjakan atau dilakukannya kegiatan administrasi.

Penjelasan Singkat Administrasi Negara

Penjelasan Singkat Administrasi Negara

Administrasi terbagi menjadi dua cabang ilmu pengetahuan yakni administrasi negara dan administrasi niaga. Keduanya memiliki fokus dan objek studi yang berbeda. Penjelasan para ahli diatas merupakan penjelasan administrasi dalam bidang niaga. Sedikit dibahas mengenai pengertian administrasi negara.

Administrasi Negara adalah kegiatan interaktif antara pelaku kegiatan usaha di lingkungan lembaga eksekutif yang meliputi berbagai sub pemerintahan dan memiliki keterkaitan erat atas terciptanya kebijakan publik. Hasil pekerjaan yang mampu diselesaikan administrasi negara akan mempengaruhi kualitas kerja para eksekutif negara. Pekerjaan administrasi negara lebih menekankan pola pelayanan masyarakat.

Luasnya Definisi Administrasi Negara

Luasnya Definisi Administrasi Negara

Administrasi negara memiliki definisi yang beragam dan luas. Sehingga perlu waktu dan niatan untuk bisa mempelajari keunikan dan spesifikasi makna administrasi negara. Indikator peranan adminstrasi negara bisa diukur melalui fungsinya pada sektor pemerintahan, publik, dan pada badan administrasi itu sendiri. Jika proses administrasi telah berjalan sesuai kaidah-kaidah yang berlaku, dan tidak ditemukannya penyimpangan, serta kepuasan mencapai angka mayoritas. Bisa dipastikan administrasi negara berhasil mengerjakan perannya.

Keberadaan administrasi negara di dalam badan pemerintahan bukanlah hal yang sepele. Sebab perannya adalah sebagai penggerak pembangunan. Selain mengerjakan kegiatan yang bersifat prosedur. Administrasi negara juga masuk ke ranah teknikal, dan menghasilkan teori-teori ilmiah ketatatnegaraan yang menjadi bekal perkembangan studi pembangunan negara. Dengan demikian negara dan masyarakat dimudahkan untuk melakukan evaluasi terhadap kebijakan tertentu.

Data yang berhasil dikumpulkan dalam kegiatan administrasi negara. Menjadi bukti pola dan hasil kerja setiap instansi pemerintahan yang terkait. Laporan tersebut yang nantinya bisa dibuka secara transparan agar dapat diakses oleh mayarakat luas. Mengingat saat ini perkembangan teknologi globalisasi sudah tidak terbendung. Dengan adanya data yang valid, maka stabilitas negara dapat terjaga. Tekanan dari pihak luar yang mengintervensi bisa digagalkan, dengan dimilikinya data secara terperinci dan detail.

Hubungan Administrasi dengan Manajemen

Hubungan Administrasi dengan Manajemen

Dikutip dari buku berjudul Business Administration, Prof. Dr. MR. S. Prajudi Admosudidjo “Administrasi bisnis adalah administrasi yang mengejar tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat bisnis, dalam pengertian ini, administrasi bisnis tersebut dijalankan oleh setiap manager dalam suatu organisasi usaha”

Jika ditarik garis lurus bisa disimpulkan bahwa kegiatan administrasi bisnis sudah jelas untuk menciptakan keuntungan pada usaha yang dijalankan sebanyak mungkin. Dalam proses tersebut diperlukan kesinergian dengan setiap anggota yang tergabung.

Administrasi membutuhkan manajemen untuk bisa merealisasikan tujuan dari organisasi yang menaungi. Karenanya diperlukan tingkatan kemampuan manajemen yang berbeda sesuai dengan bagiannya. Seperti manajemen pada bagian pengembangan kemampuan, manajemen membangun hubungan dengan manusia, serta kemampuan teknik manajemen.

Agar kerja dapat terselesaikan dengan baik maka diperlukan pengelolaan yang tepat. Disinilah kesinambungan relasi antara administrasi dengan manajemen. Sebab orang-orang yang terlibat didalamnya saling bekerjasama untuk menyelesaikan target yang sudah di tentukan. Manajemen merupakan unsur dari administrasi itu sendiri. Karena di dalam kegiatan administrasi terdapat beberapa unsur yang berkaitan, yaitu:

  • Manajemen dalam administrasi berfungsi sebagai bagian yang bertanggung jawab pada proses pengelolaan pekerjaan.
  • Komunikasi, interaksi dan komunikasi antara pihak perusahaan dengan karyawan dan perusahaan dengan publik, semua aktivitas tersebut memerlukan pengelolaan komunikasi yang piawai.
  • Kepegawaian, mengatur serta mengelola kinerja tim agar berjalan sesuai dengan target. Bagian ini nantinya yang bertanggung jawab terhada kinerja pegawai dan berhak melakukan evaluasi.
  • Tata Usaha, pada proses administrasi bagian tata usaha berfungsi melakukan koordinasi atas kegiatan usaha, melakukan pembinaan serta pengembangan juga mengelola data dan membantu pelaksanaan proyek.
  • Keuangan, perencanaan keuangan pada administrasi menjadi bagian tanggung jawab bidang ini. Orang-orang yang tergabung pada bagian keuangan harus memberi laporan yang valid terhadap arus kas perusahaan serta laporan perkembangaan keuntungan maupun kerugian badan usaha. Selain itu bagian ini jugalah yang melakukan pengendalian terhada keluar masuknya dana pada kegiatan usaha. Pada periode tertentu, keuangan akan memberikan laporan tertulis mengenai perkembangan dana perusahaan.

Demikian penjelasan tentang administrasi. Walaupun terdengar sederhana, faktanya administrasi memiliki ruang lingkup pekerjaan yang terbilang luas.

Leave a Reply