Penyakit Ayam Tetelo (Newcastle Disease) : Ciri dan Gejala

Penyakit ayam tetelo merupakan penyakit yang menyerang ayam ternak, dan penyakit tersebut bisa mematikan ayam-ayam ternak. Jika Anda adalah seorang peternak unggas, maka Anda harus waspada jika penyakit ini bisa menyerang ayam ternak Anda yag akan menimbulkan kerugian.

Bagaimana Ciri dan Gejala Penyakit Ayam Tetelo?

Penyakit Ayam Tetelo

Sebagai peternak unggas, Anda harus bisa mengenali apapun yang berhubungan dengan hewan ternak Anda. Anda tidak boleh terlena karena ayam anda terlihat baik baik saja atau sehat karena ayam kampung atau ayam joper yang sudah terbukti kebal penyakitpun juga bisa terkena penyakit kalau tidak pernah dirawat dan diberi vaksin. Oleh karena itu, sebelum Anda mewaspadai penyakit ini Anda harus mengetahui terlebih dulu ciri dan gejala yang terlihat jika terserang penyakit tersebut. Gejalanya antara lain:

1. Ayam Terlihat Lesu

ayam lesu

Jika aya-ayam ternak Anda terserang penyakit ayam tetelo ini, perhatikanlah apakah ayam Anda terlihat lesu dan lemas. Bahkan jengger ayam terlihat pucat, maka Anda bisa langsung memperkirakan kalau ayam Anda memang sudah terserang. Kalau masih sempat diobati, segera Anda konsultasikan pada dokter hewan Anda.

2. Kotorannya Berwarna

kotoran ayam

Selain dari gejala fisik, terserang penyakit unggas ini juga membuat kotoran ayam Anda menjadi berwarna kebiruan. Disamping itu, kepala ayam tersebut menjadi tengleng atau miring.

3. Serangan Berlangsung Dua Hari

ayam mati

Jika dua gejala tadi sudah terlihat, maka serangan yang terjadi pada ayam ternak Anda bisa berlangsung hingga dua hari sampai ayam tersebut mati, sehingga jika Anda ingin menyelamatkan hewan ternak Anda segera diobati penyakit yang dialami hewan ternak Anda.

4. Cepat Menular

penyakit tetelo menular

Walaupun penyakit ini tidak menular pada manusia, tetapi penyakit sangat cepat menular pada ternak lainnya. Maka, sebelum berpindah pada ayam yang lain segera bertindak pada hewan atau ayam ternak Anda yang sudah kelihatan terjangkit penyakit ini. jangan terlalu lama menganalisa, tetapi harus cepat bergerak.

Penyakit ayam tetelo ini memang harus segera diatasi jika sudah terserang, karena jarak waktu yang tidak terlalu lama bisa mengakibatkan ayam ternak tersebut langsung mati. Itulah gunanya gejala, agar Anda masih memiliki waktu untuk bisa menyelamatkan ayam Anda hingga waktu yang ditentukan. Dengan begitu, jika terjadi sedikit keanehan terhadap hewan ternak maka Anda harus bergerak cepat untuk menganalisanya.

Leave a Reply