Rumus Excel Mencari Data yang Sama

Format tabel dalam Microsoft Excel sangat memudahkan para penggunanya untuk pengolahan data. Memang exel sendiri adalah sebuah format tabel, namun ada berbagai formula atau rumus yang digunakan untuk lebih memudahkan menemukan data dari satu tabel dengan tabel lainnya. Bahkan anda bisa menjumlahkan, mengalikan dan membagi data yang terdapat dalam sheet 1 ke sheet 2 bahkan sheet yang jauh sekalipun. Maka dari itu, tabel digunakan untuk menaruh data dan mengolahnya dengan berbagai rumus atau formula dalam excel. Yang mana setiap pencarian memiliki formula khusus untuk menemukannya. Maka dari itu, terlebih dahulu pelajari apa yang dimaksud dengan data tabeld I excel dan apa perbedaannya dengan format tabel yang sudah ada di excel tersebut. 

Pengertian Data Tabel di Excel

Pengertian Data Tabel di Excel

Tentunya seperti yang kita tahu bahwa tabel adalah sebuah daftar yang berisi ringkasan sejumlah data atau informasi yang daling berkaitan. Informasi yang dimasukkan ke dalam tabel bisa berupa teks atau angka yang sudah tersusun secara sistematis pada sejumlah barus atau kolom, sehingga mudah dibaca dan dipahami. Untuk membuat sebuah data tabel ini bukan hanya sebuah format tabel yang memang sudah ada di exel tersebut. Melainkan data yang anda inginkan tidak akan menjadi sebuah format khusus tabel jika tidak menggunakan fitur Excel data table yang spesifik. 

Untuk itu, pertama kali sebelum anda mengetahui rumsu atau formula apa saja yang tersedia di excel, berikut adalah cara untuk membuat format tabel yang baik. Ini bisa anda gunakan untuk membuat tabel di excel, berikut adalah langkah langkahnya :

Ada berbagai tipe Microsoft excel yang sering digunakan. Cara membuat tabel di excel 2007 hampir mirip dengan cara membuat tabel di Microsoft excel versi 2003. Cara ini juga hampir mirip dengan sistem pembuatan tabel di excel 2010 dan 2016. Berikut ada dua cara untuk mengkonversi sebuah rentang atau range data biasa menjadi sebuah format tabel Data menggunakan tabel tools pada excel :

  1. Seleksi rentang data yang ingin diubah menjadi sebuah tabel.
  2. Klik tombol table pada tab Insert kemudian Group Tables. (Anda bisa menggunakan langkah cepat dengan menggunakan shortcut tombol ctrl+T atau ctrl+L)
  3. Selanjutkan akan muncul sebuah kotak pilihan “Tulis Tabel”
  4. Pada kotak ini, anda harus memastikan bahwa rentang sel atau jarak data yang diisi sudah sesuai dengan data yang diinginkan. 
  5. Kemudian range data yang ingin dijadikan tabel harus memilki HEADERS atau judul kolom. Klik bagian “My table has headers”. Jika tidak di klik atau tidak disetujui, maka di atasnya akan muncul sebuah tulisan dengan nama Cloumn1, Column2 dan seterusnya. (Semua nama ini bisa diubah)
  6. Selanjutnya klik OK dan selesai. Maka sebuah tabel baru sudah muncul di lembar kerja Excel anda. 

Jika anda ingin membuat sebuah tabel, langkah langkah pembuatan data tabel di atas untuk mempermudah proses pembuatan anda. Jadi anda tidak perlu bingung lagi untuk membuat sebuah tabel. Gunakan langkah di atas dan aplikasikan pada Microsoft excel tipe berapapun. Karena secara umum pembuatannya hampir mirip. Hanya saja ada beberapa tools yang memang tidak sama. Tapi secara umum, proses atau langkah pembuatannya sama, jadi informasi di atas bisa memudahkan anda. dengan begitu, jika anda ingin mencari rumus excel mencari data yang sama bisa mudah ditemukan. 

Membandingkan Data

Membandingkan Data

Pasti saat melakukan pengolahan data, ada kasus dimana anda diperintah untuk membandingkan suatu data dengan data lainnya. dengan kata lain ada dua kelompok data dalam excel yang harus dicocokkan untuk mendapatkan akurasi data yang kita olah. Nah, memecahkan masalah seperti ini harus diselesaikan dengan rumus khusus untuk membandingkan. 

Perumpamannya adalah, isi data di tabel A,B dan C. Kemudian cari hasilnya di bagian tabel D. Lalu gunakan rumus nya. Berikut adalah cara membandingkan dua kolom data excel :

  • Untuk membandingkan sebuah data, anda bisa mengetahuinya lewat data unik pada kelompok 2 yang dibandingkan dengan kelompok 1. Maka masukkan rumus excel berikut pada D2 selanjutnya atau pada kolom bantu lain yang anda inginkan. 
    • =IF(ISNA(MATCH(C2;$B$11;0));”Unik”;”Duplikat”)
  • Kemudian copy rumus tersebut ke sel sel di bawahnya menggunakan auto fill atau bisa juga dengan cara manual. 
  • Setelah di copy, maka di masing masing sel D2 atau kolom yang anda inginkan sampai pada baris yang sudah disesuaikan dengan data anda. 
  • Kemudian untuk mencari data yang sama, anda juga bisa menggunakan fungsi ISERROR excel dengan rumus seperti di bawah ini :
    • =IF(ISERROR(MATCH(C2;$B$11;0));”Unik”;”Duplikat”)

Sebenarnya, fungsi ISNA dan ISERROR ini adalah sebuah rumus yang berfungsi untuk mengetahui apakah pencarian data dengan fungsi MATCH menghasilkan kesalahan atau tidak. Jika dalam pencarian data tidak ditemukan, maka fungsi MATCH akan menghasilkan sebuah error. Nah inilah yang nantikan akan digunakan untuk mendapatkan data mana yang unik dan mana yang tidak. 

Kemudian jika rumus yang digunakan benar, maka akan mendapatkan hasil data unik di dalam tabel yang kita cari. Dengan begitu, rumus excel mencari data yang sama bisa anda aplikasikan. 

Mencocokkan Data 

Mencocokkan Data

Jika di atas rumus excel mencari data yang sama menggunakan sebuah perbandingan, maka ada juga rumus yang digunakan untuk mencocokkan data dua kolom di excel. Rumus excel mencari data yang sama lewat mencocokkan data adalah sebagai berikut :

=IF(ISERROR(MATCH(C2;$B$11;0));C2;””)

Dengan menggunakan rumus tersebut, anda hanya tinggal melakukan filter data atau copy paste as value hasilnya untuk kolom yang lain. Kemudian manfaatkan fitur remove duplikat pada excel untuk mendapatkan list data kelompok 2 yang tidak terdapat di kelompok 1. 

Kemudian, jika anda ingin mendpaatkan data kelompok 2 yang juga ada di kelompok 1, maka anda bisa menggunakan kebalikan nilai true dan false rumus IF di atas :

=IF(ISERROR(MATCH(C2($B$11;0));””;C2)

Maka hasilnya akan keluar mana yang cocok dari data yang anda cari. 

Bagaimana? Apaklah rumus excel mencari data yang sama ini bisa membantu anda memecahkan kasus pencarian data yang sama. Rumus di atas bisa Anda gunakan jika Anda ingin mencari data yang sama dari tabel excel. Dengan begitu, hasilnya akan lebih mudah dan cepat ditemukan. Caranya yang sederhana juga mudah untuk dipahami. 

Gunakan rumus di atas, dan pastikan asoal atau kasus yang anda kerjakan sesuai dengan contoh. Ini bisa memudahkan anda untuk mengolah data dan mencari data yang sama dari kolom yang berbeda. Sehingga tidak perlu mencari secara manual. Terutama akan sangat susah jika anda mencarinya dari data yang cukup banyak dan memiliki banyak kolom. Maka dengan adanya rumus tersebut, anda bisa menemukan data yang sama dengan mudah lewat rumus excel mencari data yang sama. Ada rumus membandingkan dan mencocokkan data yang sama juga, ini semakin memudahkan anda untuk mendapatkan hasil pencarian. 

Leave a Reply