Cara Mengatasi Rumus Excel Tidak Berfungsi

Selain yang paling banyak digunakan masyarakat adalah Microsoft Word, Microsoft Excel juga tak kalah dikenal dan banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Microsoft excel adalah salah satu aplikasi yang sangat diperlukan banyak orang. Selain fungsi utamanya untuk bantu melakukan perhitungan, fungsi lain untuk pengolahan juga dipakai untuk semua kalangan pelajar, dan profesi. Kegunaan Microsoft excel ini paling utama digunakan dalam bidang akuntansi, kalkulus matematis, pengolahan data, pembuatan grafik, dan operasi tabel. Ini dia yang dikatakan bahwa Microsoft excel pasti digunakan semua profesi untuk membantu memudahkan pekerjaan. Peran excel sendiri sangat besar. 

Rumus Excel

Rumus Excel Tidak Berfungsi

Dalam excel, terdapat banyak rumus atau formula yang diantaranya sangat penting untuk diketahui. Tidak lain, tujuannya agar memudahkan anda dalam memaksimalkan penggunaan Microsoft excel. Untuk itu, patutlah diketahui apa saja rumus excel yang wajib anda ketahui, dan apa saja fungsinya. Berikut adalah penjabarannya :

1. SUM

Sebagai rumus yang paling banyak digunakan terutama untuk bidang akuntansi, rumus ini memiliki dungsi yaitu mencari penjumlahan atau menjumlahkan data. Cara menggunakannya, pertama buatlah tabel penjumlahan, kemudian masukkan rumusnya pada tabel isian. Misalnya isilah tabel A1 dan A2 dengan angka yang diinginkan, kemudian jumlahkan di tabel A3 dengan rumus =SUM(A1:A2). Klik enter dan hasilnya akan terlihat di tabel A3. 

2. AVERAGE

Rumus ini memiliki fungsi yaitu untuk mencari nilai rata-rata dalam sebuah data. Biasanya digunakan oleh orang yang sedang melakukan pengolahan data seperti guru yang sedang mencari nilai rata rata dari rapot siswinya, dan sejenisnya. 

Cara menggunakannya, masukkan nama atau data yang diinginkan, misalnya nama Isti, Mamay, dan Rayhan di kolom A. Kemudian, misalnya masukkan nilai tugas di masing masing kolom sesuai data aslinya di kolom B (misalnya, Isti=80, Mamay=75, Rayhan=90). Kemudian masukkan data nilai tugas kedua di kolom C. Kemudian cara menghitung rata ratanya, cukup gunakan kolom D dan masukkan rumusnya yaitu misalnya yang dihitung adalah data Isti, maka perhitungannya,  =AVERAGE(B1:C1). Kemudian klik enter, dan akan langsung terlihat nilai rata ratanya di kolom D1 yaitu nilai rata rata milik Isti. 

3. AND

Fungsi utama rumus ini adalah menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang diuji memiliki nilai TRUE dan FALSE. Caranya yaitu buat tabel, masukkan rumus AND untuk mengetahui TRUE atau FALSE. Misalnya =AND(A1>B2). Kemudian klik enter, dan pastikan hasilnya akan terlihat di kolom yang anda klik. 

4. SINGLE IF

Fungsi dari rumus ini yaitu mengembalikan sebuah nilai, apabila kondisi yang dicek BENAR/SALAH. Kemudian untuk mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang di cek adalah SALAH/FALSE. Rumus ini paling banyak digunakan dan diaplikasikan para pengolah data, karena hasilnya sangat akurat dan menyesuaikan data yang ada. 

Dan masih banyak lagi rumus excel yang seharusnya Anda ketahui. Karena rumus excel sangat penting, anda bisa mempelajarinya langsung di aplikasinya sesuai dengan bidang yang anda butuhkan. Karena semua formula perhitungan ada di excel dan memudahkan anda untuk menemukan hasil perhitungannya. 

Rumus Excel Tidak Berfungsi

Rumus Excel Tidak Berfungsi

Sudah mulai bekerja, tapi tiba-tiba rumus tidak bisa berfungsi. Membuat pekerjaan menjadi lambat. Bahkan jika dilakukan dengan manual, hasilnya bisa jadi tidak akurat. Membuat hasil anda salah dan menghancurkan hasil pengolahan data yang sedang anda kerjakan. Apa penyebab rumus excel tidak berfungsi. Itu semua tentu ada penyebabnya, dan berikut ada dua faktor yang membuat rumus excel tidak berfungsi secara sempurna :

  1. Automatic Calculation tidak aktif
  2. Adanya Circular Reference

Berikut adalah penjelasannya. 

1. Automatic Calculation Tidak Aktif

Nilai yang dihasilkan dalam hasil rumus excel sebenarnya melalui proses kalkulasi yang secara default bisa dilakukan secara otomatis. Tapi jika terdapat perubahan nilai dalam referensi rumus maka proses kalkulasinya bisa juga berubah mejadi tidak otomatis. Dalam kasus seperti ini, ada 3 pilihan pengaturan kalkulasi :

  • Automatic : Semua nilai dan rumus excel akan melakukan kalkulasi secara otomatis setiap kali ada perubahan. Update terjadi secara otomatis pada semua sheet dan semua file excel yang sudah dibuka. 
  • Automatic Except For Data Table : ini bisa terjadi hanya kepada sel yang berkaitan rumus dengan sel yang dirubah lainnya. Melainkan update otomatis tidak secara keseluruhan. 
  • Manual : rumus excel tidak akan dikalkulasikan sebelum dieksekusi secara manual atau mudahnya dengan cara shortcut CTRL+F9.

Kemungkinan paling tinggu, ini karena rumus excel memiliki pengaturan perubahan yaitu manual. Sehingga jika belum diubah secara manual, maka rumus excel tidak berfungsi. Yang mana sebenarnya bukan rusak atau tidak bisa digunakan, melainkan karena proses kalkulasinya belum diperintahkan oleh user secara manual. Lalu, apakah ada solusi untuk mengatasi rumus yang tidak berfungsi? Berikut adalah solusi untuk membuat kalkulasinya terupdate :

Cara membuat proses kalkulasinya menjadi normal kembali dan rumusnya bisa digunakan lagi adalah tekan F2 kemudian tekan enter. Cara ini bisa menghasilkan kalkulasi yang benar, tetapi hanya untuk satu sel saja atau satu  kali proses. Jika anda memiliki lembar kerja yang sangat banyak, maka solusi ini bukan solusi yang tepat. Untuk mengubah secara keseluruhan, anda harus datangi akar masalahnya yaitu pengaturan kalkulasinya. Maka atur settingan Excel dengan cara ubah Calculation Setting menjadi Automatic. Caranya yaitu :

Untuk excel 2003, lewat menu Tools > Options. Kemudian klik tombol Caculation dan pilih Automatic. Lalu tekan OK dan selesai. 

Namun utnuk excel 2007, 2010, 2013 dan 2016, setting kalkulasi terdapat di Tab Formulas, kemudian klik Calculation Option dan pilih Automatic. Setelah anda melngganti setting kalkulasinya menjadi automatic, anda bisa mempertahankan proses kalkulasinya dengan cara menekan F6. 

2. Circular Reference

Selain masalah otomatis, biasanya ada juga permasalahan karena kesalahan tidak sengaja saat mengetik atau meng-copy rumus. Biasanya ada sebuah pesan yang datang di sebuah box dan memberi peringatan bahwa rumus yang dilakukan tidak berfungsi. Masalah ini seringkali awalnya hanya terletak pada satu sel dan terletak di sheet yang berbeda, tapi ini bisa menyebabkan masalah kalkulasi pada bagian lainnya dalam file excel. 

Cara mengatasinya adalah :

Pada saat membuat kesalahan dengan membuat rumus circular reference, biasanya akan datang sebuah ‘pesan cinta’ yang memberi peringatan. Jika begitu, maka ada rumus yang salah dan harus segera diperbaiki. Keslaahan ini membuat anda harus tahu dimana letak kesalahan copy rumus atau salah ketik yang membuat data anda jadi berantakan hasilnya. Karena jika anda lupa atau salah menghapus, maka data yang lain malah akan lebih hancur dan hasilnya semakin tidak jelas. 

Dengan begitu, ada banyak solusi dari masalah rumus excel tidak berfungsi. Anda bisa mengaplikasikannya sendiri apabila anda tidak tidak mengerti mngembalikan rumus yang salah. Gunakan rumus di atas dan pastikan apa yang anda ketik dan klik pada semua tombol di laptop atau komputer anda, sehingga tidak ada data dan rumus excel yang tidak berfungsi karena kecerobohan pemakaian. 

Leave a Reply